Jenis-jenis Pakan Ternak Sapi yang Baik dan Menyehatkan

Jenis-jenis Pakan Ternak Sapi yang Baik dan Menyehatkan

Pakan ternak sapi merupakan salah satu factor terpenting yang perlu diperhatikan bagi seorang peternak sapi. Karena pakan sapi akan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan sapi. Sapi yang biasa dijadikan ternak ialah sapi jenis pedaging dan sapi perah. Ke dua jenis sapi tersebut sangat membutuhkan pakan ternak yang baik supaya bisa menopang perkembanganya.

Pada umumnya para peternak sapi memberikan rumput sebagai pakan ternak, namun alangkah baiknya jika diimbangi dengan pakan sapi fermentasi. Selain itu juga ditambahkan pakan sapi konsentrat. Karena kebutuhan pakan sapi sangat membantu dalam menambah gizi dan nutrisi yang diperlukan oleh sapi.

Pakan ternak sapi konsentrat

gambar sapi
sapi ternak

Pakan ternak sapi konsentrat merupakan jenis pakan campuran yang biasa diberikan kepada hewan ternak, semisal kamping atupun sapi. Konsentrat memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi yang diperlukan sapid an baik bagi pertumbuhan sapi. Selain itu biasanya para peternak sapi biasa menggunakan rumput sebagai pakan ternaknya, namun ada beberapa jenis pakan sapi dari rumput yang baik juga untuk sapi.

Jenis jenis pakan sampi rumput

  • Rumput lapangan
  • Rumput tanaman
  • Grinting
  • Benggala
  • Tuton
  • Kolonjono
  • Daun leguminous

Harga pakan sapi

pakan sapi
masbidin.net

Harga pakan sapi sangat bervariasi. Tergantung distributor yang menjual produk tersebut. Saat ini sudah banyak masyarakat yang memanfaatkan limbah jerami yang kemudian dijadikan bahan pakan vermentasi bagi ternak, karena didalamnya mengandung berbagai gizi dan nutrisi yang mampu mencukupi kebutuhan bagi sapi.

Daftar Harga Pakan Sapi

Berikut kisaran harga pakan ternak sapi:

NOKETERANGANHARGA / TON
1.Rumput gajahRp. 100.000
2.KonsentratRp. 600.000
3.Biaya pencacahanRp. 25.000
4.Biaya PencampuranRp. 25.000
5.Biaya PembungkusanRp. 25.000

Pakan ternak sapi fermentasi

pakan fermentasi
GaleriPertama.com

Saat ini pakan ternak sapi biasanya menggunakan limbah pertaian semisal jerami. Pakan fermentasi dibuat untuk efisiensi dalam menyediakan pakan sapi. Selain itu pakan sapi fermentasi juga bisa menggunakan limbah hijauan dari makanan ternak. Pakan fermentasi juga sangat baik untuk menambah kebutuhan gizi pada sapid an nutrisi yang diperlukan. Berikut jenis jenis fermentasi yang bagus bagi ternak sapi:

Tangkai jagung kering

Tangkai jagung biasanya dijadikan sebagai bahan pokok untuk membuat pakan fermentasi bagi ternak sapi. Karena banyak para peternak yang mulai menggunakan tangkai jagung kering sebagai bahan utama pembuatan pakan fermentasi bagi ternak sapinya.

Jerami

Pakan sapi satu ini merupakan salah satu limbah yang mempunyai manfaat sebagai pakan fermentasi untuk diberikan kepada sapi ternak. Jerami ini merupakan salah satu jenis limbah pertanian yang muda untuk difermentasi.

Rumput juga merupakan jenis makanan sapi, biasanya yang dijadikan sebagai fermentasi ialah rumput yang sudah berusia tua. Ada baiknya rumput yang sudah tua tidak dibuang begitu saja namun bisa diolah dan dicoba untuk pakan fermentasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *