Cara Sukses Melakukan Penggemukan Sapi Limosin

Cara Sukses Melakukan Penggemukan Sapi Limosin

Sapi jenis limosin saat ini memiliki harga sekitar 20 juta per ekor. Nah, pada tulisan ini akan menjelaskan tentang sapi limosin, cirri-ciri yang bagus untuk diternak, bagaimana cara berternak sapi limosin, sampai pakan yang tepat.

Sapi limosin adalah jenis sapi yang sering dijadikan ternak oleh para peternak, dikarenakan sapi ini sangat banyak digemari masyarakat. Postur tubuhnya yang sangat besar menjadikan harga sapi ini lebih mahal dari pada sapi biasanya. Sapi limosin mempunyai cirri khas yaitu bulu berwarna cokelat tua, kecuali pada bagian sekitar ambing berwarna putih dan juga pada bagian lutut kebawah, pada bagian mata memiliki warna lebih muda.

Sapi jenis ini pertama kali dikembangbiakan di daerah perancis, namun saat ini sangat mudah kita jumpai di Negara kita sendiri Indonesia.

Ternak sapi limosin

gambar sapi limosin
sapi limosin

Berikut cirri-ciri dari sapi limosin:

  • Sapi limosin memiliki tinggi hingga 1 ½ meter
  • Terdapat bulu tebal pada seluruh bagian tubuhnya
  • Memiliki warna dari mulai kuning sampai merah keemasan
  • Mempunyai tanduk berwarna cerah
  • Pada saat lahir berat badan sedang
  • Sapi betina mampu memiliki bobot hingga 575 kg sedangkan betina dewasa mampu mencapai 1100 kg.

Melakukan ternak sapi jenis ini mempunyai keunggulan tersendiri dari pada sapi jenis biasa, disebabkan pertumbuhan badan yang relative cepat. Di dalam dunia industry ternak sapi limosin menjadi populer dan primadona baru.

Sapi jenis limosin mulai dilirik para peternak sperti halnya peternak sapi simental, sapi Brahman, disebabkan sapi limosin mampu tumbuh dengan cepat dan harga jualnya juga lumayan tinggi.

Meskipun harga jualnya tinggi dari hari ke hari, namun permintaan sapi limosin di pasaran terus mengalami peningkatan. Hal ini sering kali membuat para peternak sapi mengalami kewalahan dalam memenuhi pesanan pasar yang masuk, karena stok dan suplai sapi jenis limosin ini masih terbilang terbatas.

Harga Sapi Limosin

Maka dari itu para peternak yang hendak melakukan usaha ternak sapi ini sebaiknya jangan menyia-nyiakan kesempatan satu ini. Informasi yang di dapatkan saat ini harga sapi limosin local anakan dengan usia 4 sampai 6 bulan memiliki harga sekitar 6,5 juta, sedangkan untuk import sekitar 7,5 juta. Sungguh sangat fantastis keuntungan yang akan diperoleh jika dikembangbiakan hingga dewasa.

Selain dari pertumbuhan yang sangat cepat sapi limosin juga mempunyai kualitas daging yang sangat bagus, dan memiliki kelezatan yang sangat nikmat untuk disajikan menjadi makanan. Maka dari itu tidak heran jika harga jual dari sapi ini jauh lebih tinggi dari jenis sapi lainya.

Keunggulan ternak sapi limosin lainya adalah sapi mampu tahan terhadap serangan berbagai macam penyakit terutama antraks, yang beberapa waktu ini pernah merajalela hingga mengakibatkan para peternak sapi mengalami kerugian yang lumayan banyak.

Kandang sapi limosin

sapi limosin

Terkadang kandang sapi mempunyai dua bentuk yaitu individu dan juga kandang kelompok. Ukuran kandang sapi untuk individu biasanya sekitar 2,5 x 1,5 meter dengan ditempati satu ekor sapi. Dengan menggunakan kandang jenis individu ini sapi mampu tumbuh dengan baik, karena tidak akan terjadi persaingan dalam mendapatkan makanan serta mempunyai ruang yang terbatas untuk bergerak.

Sedangkan kandang jenis berkelompok merupakan kandang bakalan sapi dalam satu periode penggemukan yang diletakan dalam satu kandang. Kelemahan dalam kandang jenis berkelompok adalah terjadinya persaingan dalam mendapatkan makanan. Sehingga sapi yang mempunyai kekuatan akan lebih cepat tumbuh dari pada sapi yang lemah.

Pakan Sapi Limosin

Factor pakan sapi jenis limosin dalam menjalankan program penggemukan sapi merupakan hal terpenting. Karena secara keilmuan dari sisi fisiologis dan system pencernaan sapi digolongkan ke dalam ruminansia (hewan yang dalam melakukan pencernaan mempunyai 3 proses yaitu mulut dengan dibantu oleh air ludah, dalam rumen dengan bantuan mikroba rumen dan enzimatis setelah melewati rumen).

Keberhasilan dalam melakukan ternak sapi jenis limosin khususnya pada saat proses penggemukan bisa diberikan pakan sapi dengan dua jenis yaitu pakan hijau dan pakan kombinasi antara konsentrat dengan hijauan.

Pengendalian penyakit pada sapi

Sapi yang sehat akan memberikan kualitas daging yang baik pula. Maka dari itu penting juga dalam menjaga sapi tersebut  agar tetap selalu sehat terhindar dari penyakit. Dalam menjaga sapi agar selalu sehat yaitu dengan cara menjaga kebersihan kandang dengan selalu membersihkannya secara rutin.

Selain itu yang perlu diperhatikan juga adalah kebersihan wadah yang digunakan untuk pakan sapi. Jika wadah pakan sapi dibaiarkan kotor maka kemungkinan penyakit yang menempel kepada wadah pakan tersebut bisa masuk ke dalam tubuh sapi melalui pakan yang dimakanya.

Maka dari itu sangat penting untuk menjaga kebersihan wadah pakan sapi. Jangan lupa juga untuk selalu memberikan air minum yang bersih agar sapi bisa tumbuh dengan baik.

Demikian informasi singkat dalam melakukan proses penggemukan sapi limosin. Semoga bisa memberikan informasi yang sedang anda butuhkan, sehingga menjadikan usaha ternak sapi menjadi lebih maju.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *